• image06

    SOFTWARE

    SIMPLE

  • image01

    HOME KARAOKE

    BISNIS

  • image02

    ALL GENRE

    ++70.000 songs

  • image03

    KARAOKE

    Lyric

  • image04

    Recommended

    SELLER

  • image05

    FAMILY

    KARAOKE

  • image07

    SHARE

    Friend

  • INDOthumb06
  • BARATthumb01
  • RELIGIthumb02
  • DAERAHthumb03
  • MANDARINthumb04
  • MELAYUthumb05
  • ASIAthumb07

CARA SETTING DUAL MONITOR PADA PC/ LAPTOP

Cara Setting Dual View / Dual Monitor atau Extended Monitor


Windows memiliki beberapa fitur/perangkat tambahan kecil yang menarik dan powerfull, salah satunya adalah bagaimana memungkinkan kita menangani dual monitor/ monitor ganda baik dengan beberapa variasi tampilan. Fitur ini dapat kita manfaatkan untuk beberapa keperluan, dengan menambah monitor 1 lagi di rumah atau kantor. Untuk mengkonfigurasinya tidaklah sulit, dan kita pasti bisa.

Sebelum kita melangkah untuk menggunakan dan mensetting komputer kita menjadi dual view tersebut kita harus memeriksa terlebih dahulu apakah Graphic Card atau VGA Card kita support untuk digunakan menjadi dual view, apabila telah tersedia dan support untuk digunakan menjadi dual view berarti kita tinggal menancapkan monitor yang ke dua pada Graphic Card Komputer kita dan tentunya ada settingannya. Untuk laptop hampir semua vendor telah menyediakan fasilitas dual view, sehingga tidak perlu ada peralatan tambahan, kita langsung bisa mengkonfigurasinya/setting, pengen tahu cara settingnya, silahkan Anda simak postingan berikut ini :

Berikut Gambar Graphic Card atau VGA Card yang sudah Support untuk Dual View / Dual Monitor :





Untuk Graphic Card / VGA Card yang memiliki output DVI, jika Anda tidak memiliki monitor Digital DVI maka Anda bisa menggunakan Konverter DVI to VGA ( mengenai konverter DVI to VGA bisa Anda baca disini ).


Selain VGA Card kita bisa menggunakan USB to VGA untuk mendapatkan dual view di komputer kita, lebih praktis tinggal colok saya ke port USB tanpa harus bongkar pasang CPU.



A. PADA WINDOWS XP


  1. Pastikan  masing-masing Monitor  / TV telah  hidup  dan  terkoneksi.
  2. Klik kanan pada desktop.
  3. Muncul dialog box, pilih Properties
  4. Pilih dan klik Tab Settings  sehingga tampil  jendela  dialog  Display Properties
  5. Pilih dan klik monitor 2 dan centang “extended…” (kalau belum muncul gambar monitor 2, berarti monitor ke 2 belum terdeteksi jadi silahkan Anda periksa perkabelannya apakah kedua monitor sudah terpasang dengan baik dan benar. Silahkan Anda lihat Gambar di bawah ini :
  • Dua  buah gambar persegi  empat dengan angka 1 dan  2 mempresentasikan  jumlah  Monitor  yang didukung. Monitor utama dilabeli  dengan angka 1 dan  monitor tambahan dilabeli  dengan angka 2 secara Default  Monitor utama akan terseleksi.
  • Klik pada gambar Monitor tambahan atau  secondary yang  memiliki  Angka  2, kemudian  beri  seleksi pada  checklist ‘Extend my windows desktop onto this monitor. ’ kemudian klik OK.


B. PADA WINDOWS SEVEN

Sebenarnya ada dua cara Anda saat ini dapat mengatur beberapa monitor pada Windows, baik dengan menggunakan cara pintas keyboard atau melalui sifat sistem tradisional. Yang paling mudah  metode pertama karena baru dan cara yang lebih mudah daripada harus pergi ke Control Panel atau apa pun.
  • Pastikan masing-masing Monitor / TV telah  hidup dan  terkoneksi.
  • Klik kanan pada Desktop dan  pilih Screen Resolution.
  • Dua  buah gambar persegi empat dengan angka 1  dan   2  mempresentasikan jumlah   Monitor  yang didukung. Monitor utama dilabeli  dengan angka 1 dan  monitor tambahan dilabeli   dengan angka 2, secara Default  Monitor utama akan terseleksi.
  • Klik pada gambar Monitor tambahan atau  secondary yang  memiliki  Angka  2, kemudian pada combobox ‘Multiple Displays’ pilih ‘Extend these  displays’ kemudian klik OK.




Caranya adalah silakan klik kanan pada layar dekstop anda, kemudian klik Screen Resolution. Silakan klik pada pilihan Multiple Display sehingga muncul 4 pilihan seperti pada gambar di bawah ini. 
Keterangan Pilihan :
1. Duplicate these displays untuk tampilan antara monitor 1 (laptop) dan monitor 2 (monitor LCD) sama persis.
2. Extend these displays untuk melebarkan layar menyeberang dari monitor 1 ke monitor 2
3. Show desktop only on 1 untuk menampilkan hanya pada monitor 1 
4. Show desktop only on 2 untuk menampilkan hanya pada monitor 2

  • Cara lain yaitu dengan menekan kombinasi tombol Win(tombol dengan logo Windows pada  keyboard) + P, kemudian klik pada  pilihan ‘Extend’.  Anda dapat memilih untuk hanya menampilkan komputer, membuat monitor kedua duplikat yang pertama, memperluas desktop ke monitor kedua atau mematikan monitor pertama dan mengaktifkan kedua.


C. PADA WINDOWS VISTA
  • Pastikan  masing-masing Monitor  / TV telah  hidup  dan  terkoneksi
  • Klik kanan  pada  Desktop  dan  pilih Personalize,  kemudian klik pilihan Display Settings
  • Dua buah  gambar persegi  empat dengan angka  1 dan  2 mempresentasikan  jumlah  Monitor  yang didukung. Monitor  utama dilabeli  dengan angka  1 dan  monitor tambahan dilabeli  dengan angka secara  Default Monitor  utama akan terseleksi.
  • Klik  pada   gambar Monitor  tambahan atau  secondary yang  memiliki  Angka  2, kemudian  beri  seleksi  pada checklist  ‘Extend  the desktop onto this monitor’ kemudian klik OK.



C. Multiple Monitor pada Windows 8


Tidak semua Windows 8 pilihan konfigurasi multi-monitor muncul pada Display control panel.Point dalam kasus, kemungkinan bagaimana Taskbar ditampilkan pada setiap layar.Untuk mendapatkan ini pengaturan baru, klik kanan Taskbar pada Desktop dan pilih Properties dari menu konteks.Pada tab Taskbar yang dihasilkan dialog itu (default), Anda akan melihat pilihan checkbox baru: Tampilkan taskbar pada semua display.Perbaikan lebih lanjut membiarkan Anda menunjukkan semua taskbars pada semua display, taskbar utama dan tombol hanya untuk aplikasi yang berjalan pada layar saat ini, atau hanya taskbar untuk apa yang berjalan pada layar di tangan.



Satu hal yang Anda tidak akan pernah melihat pada monitor sekunder, bagaimanapun, adalah system tray, dengan indikator yang sinyal Wi-Fi, waktu dan tanggal, daya baterai, dan tingkat volume.Kemampuan untuk memindahkan atau menggandakan ini di antara beberapa display akan membuat Windows 8 dukungan multi-monitor yang jauh lebih kuat dan berguna.

Demikian semoga bermanfaat, terima kasih.